Macam-macam Bentuk Bisnis Online

Bismillah..

Hari ini saya akan sedikit menguraikan macam-macam bisnis online, tentunya ini hanya sedikit gambaran karena saya juga belum menjalankan semuanya. Setahu saya, secara umum bisnis di internet ada dua macam, jual produk sendiri dan produk orang lain, adapun untuk produk orang lain ada 4 macam yang saya tahu, mohon koreksi kalau salah; PPC (Pay Per Click), PTC (Paid to Click), PPS (Pay per Sale) dan PPL. Yuk kita bahas satu persatu.

Kalau kita punya produk sendiri, alangkah baiknya kita jual sendiri produk itu di internet, menurut informasi yang saya dapat jual di internet (online) lebih minim modal dari pada jual offline. Sedikit sebagai perbandingan, saya dapatkan informasi dari internet sukses, untuk sekedar biaya sewa tempat saja misalkan di mall lantai dasar Depan Carefour, 2m x 2m harga sewa Rp. 50.000.000,- per bulan, kalau agak jauh dari Carefour, 2m x 2m harga sewa Rp. 14.000.000,- per bulan. di mall lantai 2 keatas (lumayan sepi pengunjung), 2m x 2m harga sewa 6 Juta per bulan. Jika di Mall yang sepi banget, 2m x 2m harga sewa Rp. 2.000.000,- per bulan. Ups, sudah terbayang bagaiman modal kita sudah banyak terkuras. Berbeda dengan bisnis online, bisnis online tidak perlu tempat luas, karena bisa kita tempatkan barang-barang dagangan kita di kos-kosan, di rumah, tidak perlu sewa tempat yang mahal. Kita hanya butuh sewa hosting yang biayanya banyak yang murah, bisa 130.000 per tahun. Oiya kalau kita bisnis offline, kita harus keluar uang kebersihan, air, listrik, dll. kalau online, semua itu tidak butuh. Cukup tergambar tentang jual produk sendiri di internet? kalau belum nanti kita praktekkan, supaya lebih tergambar.

Berikutnya adalah kita jual produk orang lain. Saya mau bahas dari PPC. PPC atau Pay per click (Bayar per klik) adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet dimana webmaster atau pemilik situs akan dibayar atas setiap klik pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Menarik bukan? Situs PPC banyak lo.. ada yang lokal ada juga yang interlokal :-) Google AdSense adalah salah satunya. Ini paling digemari, karena kemudahan dan paling menghasilkan, baik bagi yang memasang iklan (Advertiser) atau bagi penerbit iklan (Publisher). Kita semua pasti tahu karena adidaya Google, salah satu dari situs yang paling banyak dikunjungi.

Beikutnya adalah PTC. PTC adalah singkatan dari Paid to Click, dimana orang yang meng-klik link iklan akan dibayar tiap kliknya. Kok aneh y? Gak aneh kok kenapa setiap orang yang meng-klik iklan akan dibayar, karena pemasang iklan atau advertiser akad denga dengan publisher iklan juga dengan akad demikian, misal besaranya Rp 80.000 untuk 1000 klik, pemasang iklan hanya akan membayar sejumlah klik link iklan. Wah, kalau begitu klik aja terus. Eit gak bisa begitu, karena perhari maksimal satu kali klik iklan. Jelas?

Yang lain dari Bisnis produk orang lain adalah PPS. Affiliate PPS atau Pay per sale, kita sebagai penjual barang hanya akan dibayar kalau kita berhasil menjual produk tersebut. PSS yang paling besar komisinya adalah e book, biasanya komisi di atas 50% dari harga barang, misal harga barang Rp. 250.000 maka bila kita berhasil menjual barang tersebut, kita dapat Rp. 125.00,- , bahkan ada juga yang komisinya sampai 70% atau di saat tertentu sampai 100%, Wuih mantap ya.. 

Terakhir dari yang saya tahu adalah PPL. Pay per Lead, kita akan dibayar hanya dengan mereferensikan orang agak berkunjung dan memasukan email ke website sang produse, yang ini kayaknya lebih enak ya. Semua bisa dicoba, tapi dari artikel dan buku-buku yang saya baca semua harus fokus. Ok selamat ber-Bisnis Online. 




1 komentar:

Andri Wiyasa (visit their site)

Thx atas kunjungan dan komment nya...

Blognya juga bagus. Tapi lebih bagusnya, coba pakai domain DOt com, biar lebih terlihat profesional dan lebih mudah terdetek Search Engine.

Info bisa dibaca di sini:
http://www.andriwiyasa.com/2010/01/cara-menggantisetting-alamat-blog-dari.html

Jangan lupa, follow juga blog saya...

Salam YAKIN SUKSES !!!